Hubungi Kami

Sejarah Desa

Asal-usul Desa Sriti

     Desa Sriti adalah Desa yang terletak di Jawa Timur. Adapun nama Desa Sriti dari berbagai sumber yang telah ditelusuri dan di gali asal –  usul  Desa Sriti memiliki beberapa versi cerita yang cuckup bervariasi. hal ini disebabkan tempat yang diikeramatkan yang kemudian dipercaya dan di jadikan pedoman sebagai tempat orang pertama Yang datang atau yang babat Desa  Sekitar Tahun 1850-an Desa Sriti adalah salah satu bagian dari Desa Temon. Baru pada sekitar tahun 1900-an Desa Sriti berdiri sendiri atau mandiri menjadi sebuah Desa yang melakukan kegiatan Pengelolaan wilayah sendiri menjadi sebuah Desa yang merupakan pecahan dari Wilayah Temon.

Menurut sejarah dan informasi yang didapatkan dari berbagai sumber informasi dapat digali dan diperoleh sedikit cerita atau sejarah terbentuknya Desa Desa Sriti yang merupakan dasar terbentuknya Desa Sriti. Menurut informasi yang didapat, pada awalnya ada salah seorang pendatang yang tidak diketahui asalnya yang ingin menetap di wilayah Desa Temon dibagian tenggara, dan di wilayah tersebut oleh masyarakat setempat ditetapkan sebagai sesepuh dan sekaligus sebagai Tokoh di wilayah yang ditempatinya tersebut. Karena masih masuk atau berada pada bagian wilayah Desa Temon saat itu, wilayah tersebut belum memiliki nama wilayah. Selanjutnya karena dirumah sesepuh tersebut pada saat warga berkumpul terlihat banyak dihinggapi burung dan juga banyak ditempati sarang-sarang burung sriti (sebutan lain dari jenis burung wallet) dan di sekitar wilayah tersebut juga banyak dijumpai burung tersebut  maka para warga dan sesepuh pada saat itu sepakat mengingat wilayah tempat tinggalnya belum memiliki sebutan atau nama wilayah maka para warga dan tokoh serta sesepuh pada kala itu sepakat untuk menetapkan sebutan dan nama wilayah tersebut dengan sebutan Wilayah Sriti sehingga saat ini menjadi Desa Sriti.

Terkait dengan banyaknya dijumpai burung Sriti (Walet) pada masa sejarah bahkan hingga sekarang di Desa Sriti masih sering dan banyak dijumpai burung-burung Sriti (Walet) yang berterbangan di wilayah Desa Sriti, maka tidak heran wilayah sebagaimana dimaksud dalam cerita sejarah tersebut diberikan sebutan dan nama Desa Sriti.

Oleh karena wilayah tersebut sudah memiliki nama, sehingga masyarakat bersama tokoh dan sesepuh memiliki keinginan untuk memisahkan diri dan ingin berdiri sendiri dan melaksanakan kegiatan pengelolaan wilayah sendiri menjadi sebuah Desa. Pada akhirnya Desa tersebut dapat berdiri sendiri dengan pengelolaan wilayah sendiri menjadi sebuah desa yang pada sekitar Tahun 1900-an berdirilah sebuah Desa dengan nama Desa Sriti.

Unduh Aplikasi

Temukan seluruh solusi administrasi desa didalamnya!

Aplikasi kami tersedia di perangkat seluler android, unduh sekarang untuk memulai!

Jika setelah mendaftar anda belum bisa melakukan login, mohon hubungi admin desa terkait untuk melakukan approval.

download apk